Rabu, 14 November 2012

Cara meningkatkan Getah karet


Cara meningkatkan Getah karet, saya memiliki kebun karet dengan total luas lahan 35 Ha yang semuanya telah menggunakan produk pertanian NASA. Saat ini sudah ada 3 Ha luas lahan kebun karet yang sudah saya analisa ekonominya. Jenis karet yang saya tanam adalah jenis "PR" yang berasal dari Sumbawa. Umur karet sampai saat ini 6 tahun. Untuk produk yang sudah saya gunakan adalah POC NASA dan Hormonik.
Cara atau komposisi pupuk yang saya gunakan untuk setiap tanaman adalah :
1. Pupuk Makro : 2 genggam UREA+ 1 genggam TSP + 0,5 genggam KCI..
2. Pupuk Mikro : 1 botol NASA + 1 botol Hormonik dicampur jadi satu, kemudian diambil 20 cc larutan ( 2 tutup botol), lalu ditambahkan air 1,5 liter, aduk dan campurkan dengan campuran pertama (1).
Perlakuan pemupukan tersebut diberikan interval 2 bulan sekali. Mengenai pemupukan pertama sudah saya lakukan 4 bulan yang lalu. Jadi sudah 2 kali saya melakukan pemupukan dengan penggunaan produk pertanian NASA.
Penggunaan produk pertanian NASA tidak merubah jenis, dosis, dan waktu aplikasi pupuk makro. Cara penggunaan larutan pupuk yaitu dengan disiramkan, tidak ada yang disemprotkan. Sebelum disiramkan, tanah sekitar perakaran (piringan) / dibersihkan terlebih dahulu. Respon tanaman terhadap pemberian pupuk dari NASAdapat terlihat setelah 15 hari yaitu :
- Daun bersemi, padahal dulunya kurang bersemi dan agak kering.
- Tanah perlahan-lahan menjadi gembur (dahulu tanahnya keras).
- getah bertambah banyak.
- Setelah menggunakan produk pertanian NASA saat pengambilan getah, berjalan dari sudut kebun yang satu ke sudut kebun yang lain seluas 3 Ha, lalu kembali lagi ke sudut yang semula ternyata getah masih menetes.
Dahulu produksi karet (kering) sebelum menggunakan produk pertanian NASA mendapatkan 5 Kwintal/3 Ha/25 hari. Setelah menggunakan produk pertanian NASA ada kenaikan menjadi 9 Kwintal/3Ha/25 hari. Jadi ada peningkatan produksi sebesar 80%.
Pengambilan getah karet dideres setiap hari dan dikumpulkan setiap 25 hari. Lahan tetangga yang tidak menggunakan produk pertanian NASA juga perlakuannya sama, rata-rata hasilnya 5 Kwintal/3Ha/25 hari sama seperti yang dulu ketika saya belum menggunakan produk pertanian NASA, jadi selisih penggunaan produk pertanian NASAdan yang tidak menggunakan produk NASA adalah : 4 Kwintal/3Ha/25 hari.
Saya memiliki pengalaman dulu saat saya masih menggunakan produk lain, awalnya batang tanaman tambah besar tetapi getah karat sedikit dan tidak lama kemudian malah "mati getah" yang pada akhirnya merusak lapisan kayu. Namun setelah menggunakan produk pertanian NASA hal itu tidak terjadi lagi.
Dalam 4 bulan, tanaman karet saya mendapatkan tambahan produksi 16 Kwintal. Jika 1 Kg dihargai Rp. 6.500,- maka mendapatkan penghasilan Rp. 10.400.000,- kemudian jika dikurangi pembelian produk pertanian NASA sebesar Rp. 2.250.000,- maka ada tambahan keuntungan bersih (3ha) adalah :
Rp. 8.150.000,- Produk pertanian NASA ternyata dapat meningkatkan produksi getah karet .......
Petani : Ny. Hj. Yanti
Kec. Buimadang Kab. Oku Timur - Sumatera Selatan


Pemesanan Pupuk Kelapa Sawit & Pohon Karet (SuperNasa, Poc Nasa, Hormonik, Powernutrition) dan Hama Penyakit (Corrin, BVR, Pestona), untuk meningkatkan keuntungan Petani, Silahkan Hubungi WhatsApp / sms : 0878 3684 3355