Senin, 26 Desember 2011

Cara Meningkatkan Panen Kelapa sawit


Cara Meningkatkan Panen Kelapa sawit dan Saya memiliki lahan kelapa sawit seluas 6 hektar. Lahan yang menggunakan produk pertanian NASA sebagai uji coba hanya seluas 1 hektar. Umur Kelapa sawit yang menggunakan produk pertanian NASA berkisar antara 3 hingga 4 tahun. Pada umur tersebut kelapa sawit sudah mulai berbuah.
Mengenal produk pertanian NASA pertama kali dari Bp. Riyanto (petani kelapa sawit). Produk NASA yang saya gunakan diantaranya adalah Super NASA, POC NASA dan Hormonik. Produk-produk itu saya gunakan dengan cara disemprotkan, dosisnya adalah : Super NASA 3 sendok makan + POC NASA 30 cc + Hormonik 10 cc. Dosis tersebut saya larutkan dengan air sebanyak 15 liter untuk setiap 10 pohon.
Perlakuan produk NASA ini baru pertama kalinya, namun melihat perkembangan tanaman sangat bagus. Pada awal penggunaannya pertama kali saya semprotkan dari bulan Pebruari 2005 sampai dengan sekarang. Penyemprotan dilakukan pada batang dan tanah. Perbedaannya sangat mencolok daripada tanaman kelapa sawit yang tidak menggunakan produk pertanian NASA, yakni pada kurun waktu 3 - 4 minggu daun kelihatan lebih bagus, daun hijau agak kehita m-hita man dan segar. Kelihatan pula buah banyak bermunculan, merata dan lebih besar.
Bentuk buah pertama (pasir) lebih besar dan lebih jernih terlihatnya. Selain menggunakan produk pertanian NASA, saya juga menggunakan NPK sesuai anjuran dari PPL. Satu pohon dalam 1 tahun diberikan NPK sebanyak 4 Kg, yang ditaburkan 1 - 2 kali.
Hasil secara keseluruhan belum bisa saya hitung secara ekonominya, namun demikian jika dilihat dari kondisi pohon, maka saya pastikan lebih untung. Reaksi produk pertanian NASA lebih cepat, dalam 1 bulan saja daun lebih hijau dan tanahnya tambah gembur.
Tetangga lahan sering menanyakan pada saya, menggunakan pupuk apa, kok tanahnya begitu subur dan pertumbuhannya lebih bagus. Maka saya jawab saja menggunakan produk pertanian NASA. Salah satu petani kelapa sawit, Bp. Muhidir, mengatakan bahwa dahulu tanah di lahan kelapa sawit milik Bp. Nurhaji kurang subur, namun setelah menggunakan produk pertanian NASA kini mulai subur, pertumbuhannya bagus, daun juga lebih hijau dan bagus, serta buahnya bertambah banyak.
Petani Kelapa Sawit : Bpk. Nurhaji
Kec. Long Ikis, Kab. Pasir Kalimantan Timur


Pemesanan Pupuk Kelapa Sawit & Pohon Karet (SuperNasa, Poc Nasa, Hormonik, Powernutrition) dan Hama Penyakit (Corrin, BVR, Pestona), untuk meningkatkan keuntungan Petani, Silahkan Hubungi WhatsApp / sms : 0878 3684 3355