Sabtu, 24 Desember 2011

Kelapa sawit keuntungan meningkat


Kelapa sawit keuntungan meningkat, umur tanaman kelapa sawit milik saya sudah 9 tahun. Luas lahan kelapa sawit seluruhnya 4 hektar. Dikarenakan saya baru mengenal produk pertanian NASA maka saya hanya mengaplikasikan produk pada lahan 2 hektar saja. Produk yang digunakan di antaranya POC NASA 2 botol, Super NASA 2 botol, dan Hormonik 2 botol yang dicampur dengan air sebanyak 225 liter. Untuk lahan seluas 2 hektar ini terdapat 220 pohon dengan aplikasi 225 liter air yang disiramkan pada sekitar batang (piringan). Maka dirata-rata setiap pohon mendapat 1 liter. Tanaman kelapa sawit ini tanpa menggunakan pupuk NPK, sebagai gantinya saya menggunakan pupuk kandang dengan dosis 2 karung (80 kg) untuk setiap pohon dengan interval 8 bulan sekali. Sedangkan tanaman yang tidak menggunakan produk NASA tetap menggunakan NPK sesuai anjuran dan PPL pemerintah. Tanaman kelapa sawit yang menggunakan produk NASA ini kurang terawat, namun kelapa sawit tumbuh dengan bagus.
Penggunaan produk NASA (dengan cara disiram) pertama kali saya aplikasikan pada 18 Juni 2004 (saat kemarau panjang) untuk setiap pohon 1 liter larutan, pengaruhnya sangat nampak pada bulan September 2004. Efek pemberian produk NASA terlihat mulai pada bulan ke-3 yang ditandai dengan warna daun lebih hijau dan bermunculan buah. Buahnya terlihat segar, kalau sudah merah tidak rontok, padahal biasanya buahnya tidak cerah dan mudah rontok. Banyak keuntungan yang saya dapatkan seperti : banyaknya jumlah tandan, setelah menggunakan produk NASA jumlah menjadi 385 tandan. Padahal sebelum gunakan produk NASA hanya 78 tandan. Susunan buah yang menggunakan produk NASA lebih banyak dari yang tidak menggunakan produk NASA. Mengenai buah yang dipanen : yang tidak gunakan produk NASA hasilnya 1 Ton. Yang menggunakan NASA hasilnya 4 Ton. (Periode mulai .lanuari 2005 - April 2005), yang menggunakan produk NASA secara kontinuitas produktivitasnya lebih tinggi. Yang tidak menggunakan produk NASA kontinuitas produksinya rendah.
Penimbangan tanaman sawit umur 9 tahun dengan menggunakan produk NASA bobotnya + 31,5 Kg, panjang buahnya mencapai ± 62 cm dan panjang keliling buah 130 cm. Jika dibandingkan ukuran huahnya maka yang tidak menggunakan produk NASA (penggunaan dosis NPK sesuai anjuran PPL pemerintah) setelah ditimbang beratnya hanya 14 Kg, panjang 45 cm dan diameter buah 97 cm. Tanaman yang diberi produk NASA pelepahnya lebih empuk sehingga memudahkan pemanenan. Serangan hama dan penyakit belum ada. Kapling (lahan) yang menggunakan NASA hasilnya 4 ton, sedangkan kapling yang tidak gunakan NASA 1,5 - 2 Ton. Kapling (lahan) petani lain hanya 0,3 - 0,5 Ton. Hasil total panen kelapa sawit selama 4 bulan perkapling (2 hektar) : yang menggunakan produk NASA hasilnya 16 Ton (4 bulan) dan yang tidak menggunakan produk NASA hasilnya 8 Ton (4 bulan).
Tambahan keuntungan ekonomi per 4 bulan (2 hektar) : Hasil panen yang menggunakan produk NASA sebanyak 16 Ton, sedangkan hasil panen tanpa menggunakan produk NASA sebanyak 8 Ton, jadi ada selisih produksi 8 Ton. Jika harga sawit Rp. 500.000/Ton, maka ada tambahan keuntungan Rp. 4.000.000. Untuk pembelian produk NASA Rp. 300.000 maka ada tambahan keuntungan bersih
Rp. 3.700.000. Maka gunakanlah produk pertanian NASA,sudah terbukti hasil panen kelapa sawit saya meningkat. NASA memang Oke ...! !!
Petani Kelapa Sawit: Bpk Suyanto
Kec. Longikis, Kab. Paser, Kalimantan Timur


Pemesanan Pupuk Kelapa Sawit & Pohon Karet (SuperNasa, Poc Nasa, Hormonik, Powernutrition) dan Hama Penyakit (Corrin, BVR, Pestona), untuk meningkatkan keuntungan Petani, Silahkan Hubungi WhatsApp / sms : 0878 3684 3355